Senin, 22 November 2010

Tips Awet Muda

Penuaan merupakan hasil akumulasi dari banyak hal, seberapa cepat terjadinya, sangat tergantung dari kesehatan arteri, kekuatan sistem imun, dan seberapa hati-hatinya Anda melakukan gaya hidup Anda.


Bila Anda tidak menjaga kesehatan dan makanan, maka kemungkinan besar pembuluh darah Anda akan tersumbat timbunan lemak, aliran oksigen dan nutrisi ke seluruh sel tubuh pun berkurang.


Penyumbatan ini, seperti yang kita ketahui, akan menghasilkan serangan jantung maupun stroke. Tapi, risikonya tak hanya itu, sebab tubuh pun akan lebih cepat tua bila pembuluh arteri tersumbat.


Gaya hidup memiliki peran cukup besar dalam proses penuaan, terutama bila Anda tak suka berolahraga, memakan makanan berlemak tinggi, mengemudi sambil berbicara di ponsel atau sering mengalami stres. Kesemua itu adalah faktor yang mempercepat proses penuaan.


Sistem imunitas umumnya mulai memburuk sejalan dengan pertambahan usia, bila Anda tidak mengenali peringatan yang diberikan, bisa jadi kanker tengah mengintai Anda. Selain itu, Anda pun akan semakin rawan terserang penyakit-penyakit lainnya.


Proses penuaan adalah proses alami yang akan dihadapi oleh semua orang, meski begitu Anda dapat memperlambat prosesnya. Berikut ini 12 kebiasaan yang diperoleh berdasarkan penelitian serius untuk membantu memperlambat penuaan.


1. Lakukan aktivitas fisik
Aktivitas fisik sebanyak dua kali seminggu akan memberi khasiat ganda. Selain pembuluh arteri dan sistem imun meningkat, olahraga dapat membangun jaringan sosial yang kuat serta membantu mengatasi stres. Aktivitas seperti tenis atau jalan-jalan, jauh lebih baik dibanding tidak sama sekali. Tapi jalan cepat selama satu jam sehari dan olahraga berat selama 30 menit, lebih membantu memperlambat penuaan secara optimal.


2. Perkuat tubuh
Selain aerobik, latihan yang membangun kekuatan seperti angkat beban 3 kali seminggu selama paling sedikit 10 menit akan bagus untuk mempertahankan kekuatan fisik. Otot Anda menjadi lebih kencang dan tulang menjadi lebih padat, sehingga risiko cacat akibat pengapuran atau patah tulang menjadi rendah. Arteri dan sistem imun Anda pun ikut meningkat.


3. Memelihara kesehatan
Bila ada yang tak beres dengan tubuh, Anda pasti akan menyadarinya. Jadi bersikaplah waspada dengan setiap gejala yang dirasakan, bila ada yang tak beres, periksakan ke dokter. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin, seperti:
- Kesehatan jantung (setiap tahun).
- Tekanan darah (setiap tahun).
- Pemeriksaan pap smear (setiap tahun bagi wanita berusia 18 tahun atau lebih).
- Periksa kolesterol dan diabetes (setiap 5 tahun bagi wanita usia 35 dan lebih).
- Mammogram (setiap tahun untuk wanita usia 40 dan lebih).
- Tes kanker usus (setiap 3 tahun untuk wanita usia 50 dan lebih).
- Periksa thyroid (setiap 5 tahun untuk wanita usia 60 dan lebih)


4. Kenali risiko genetik
Apabila orangtua atau kakek/nenek Anda meninggal, misalnya di atas usia 80 tahun, kemungkinan besar wajah Anda akan terlihat 4 tahun lebih muda. Anda dapay mengendalikan efek penuaan yang berkaitan dengan profil genetik, serta mengambil langkah-langkah pencegahan. Termasuk melakukan pemeriksaan untuk deteksi awal.

Jika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit kardiovaskuler, lakukan tindak pencegahan penuaan arteri. Begitu juga dengan penyakit lainnya yang berkaitan dengan genetik, seperti diabetes, kanker payudara, kanker leher rahim dan sebagainya.


5. Sikat gigi dan floss setiap hari
Penyakit gusi yang parah dapat menyebabkan penuaan sistem arteri, mungkin bakteri yang membentuk plak dan berkaitan dengan penyakit gusi juga menyebabkan reaksi imun yang menyerang arteri.


6. Pertahankan tekanan darah
Tekanan darah merupakan kunci dari penuaan arteri yang berkaitan dengan stroke dan penyakit jantung. Juga dapat menjadi faktor pemicu turunnya daya ingat, menurunnya kualitas orgasme, dan kulit menjadi keriput.

Tekanan darah normal adalah 120/80 sampai 130/85, meski tidak ideal. Ada baiknya mempertahankannya pada 115/70 atau lebih rendah. Jika diet dan olahraga tidak menurunkan tekanan darah, lakukan konsultasi, bila perlu lakukan pengobatan.


7. Minum suplemen yang tepat
Mengkonsumsi makanan yang lengkap dan seimbang adalah cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi yang tepat, tapi Anda juga dapat melengkapinya dengan suplemen yang bermanfaat untuk memperlambat penuaan. Beberapa vitamin tambahan yang bermanfaat bagi Anda, antara lain:

- Vitamin C: Mengurangi penuaan arteri dan menunda penuaan sistem imun. Disarankan untuk minum 1.200 mg per hari dari makanan maupun suplemen setiap hari.

- Vitamin D: Membantu melindungi Anda dari osteoporosis dan mencegah patah tulang. Konsumsilah vitamin D, 400 IU dalam makanan atau suplemen.

- Vitamin E: Mampu menurunkan proses penuaan pada arteri dan sistem imun, melindungi sel-sel dari radikal bebas yang berbahaya. Anda perlu 400 IU per hari.

- Folate (folic acid): Membantu mencegah penuaan sistem kardiovaskuler dengan mengurangi jumlah homocysteine - suatu zat yang merusak arteri - di dalam darah. Minum suplemen sebanyak 400 microgram.

- Kalsium: Mengurangi proses penuaan akibat cacat yang disebabkan hilangnya massa tulang. Konsumsi sebanyak 1.200 mg dari makanan atau suplemen.

Suplemen yang harus Anda hindari adalah Zat Besi (kecuali dibawah pengawasan dokter) yang dapat memicu penuaan sistem arteri, dan Vitamin A.


8. Pertimbangkan melakukan terapi pengganti hormon
Estrogen dalam terapi pengganti hormon, tampaknya bisa membantu menjaga lapisan jaringan pembuluh-pembuluh darah agar tetap sehat, mengurangi penyumbatan yang dapat memicu serangan jantung, stroke, dan gagal jantung. Estrogen juga membuat fungsi kognitif menjadi lebih baik dan mengurangi masalah ingatan pada perempuan dengan gejala menopausal.

Yang harus diwaspadai, konsumsi estrogen sesudah menopause bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Khusus bagi perempuan yang mempunyai keluarga dengan riwayat kanker payudara, bisa dihindari dengan menciptakan estrogen baru dengan raloxifene (Evista) yang bisa menguranginya. Obat ini juga terbukti berhasil memperlambat hilangnya massa tulang dan menunda proses penuaan arteri. Ttapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut.


9. Lakukan hubungan intim yang bermutu
Menurut penelitian, hubungan intim yang lebih sering dan menyenangkan bisa mengurangi kematian. Bahkan bagi pria, lebih sering berarti lebih baik. Sedang bagi wanita, manfaat anti penuaan maksimum dicapai jika Anda bahagia, baik dengan kuantitas maupun kualitas kehidupan seks Anda.


10. Hindari terpapar perokok pasif
Rokok memicu proses penuaan secara dramatis, tapi pada perokok pasif (menghisap asap rokok tanpa sengaja), efek sistem imun arterinya juga hampir sama kuatnya.


11. Sadari batas kemampuan
Stres yang disebabkan akibat masalah keuangan (terutama yang disebabkan bangkrut) dapat menyebabkan penuaan yang tak dikehendaki secara nyata. Termasuk penuaan pembuluh arteri dan sistem imun.

http://www.enformasi.com/2008/09/tips-awet-muda.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar